Perkembangan dan Peluang Produk Bakeri


 

Produk bakeri di Indonesia telah bermetamorfosis menjadi produk yang dijajakan di gerai-gerai modern, baik lokal maupun asing. Perubahan gaya hidup menjadi peluang bagi industri untuk menyiptakan produk yang berkualitas dan memenuhi selera konsumen. "Dengan bonus demografi yang dimiliki Indonesia, produk bakeri mempunyai peluang besar untuk terus berkembang," tutur Pemimpin FOODREVIEW INDONESIA, Suseno Hadi Purnomo dalam In-Depth Seminar Designing Quality of Bakery Products. Acara ini diselenggarakan oleh FOODREVIEW INDONESIA bekerja sama dengan Dupont Nutrition and Health di Bogor pada 18 Mei 2017 lalu.

 

Regulasi produk bakeri salah satunya diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Nomor 21 tahun 2016 tentang Kategori Pangan. "Pada kategori pangan dijelaskan tentang definisi dan karakteristik dasar. Hal ini menjadi acuan untuk memroduksi bakeri yang berkualitas, aman, dan bergizi," tutur Kepala Sub-Direktorat Bahan Baku dan Bahan Tambahan Pangan Badan POM, Dra. Deksa Presiana, Apt., M.Kes. Fri-29

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...