Gellan Gum sebagai Penyetabil Minuman Nabati


 

Saat ini minuman berbasis tumbuhan telah mengalami 'ledakan' penjualan. Pada tahun 2016 penjualan di Eropa Barat mencapai 1,5 milyar dollar. Minuman berbasis kedelai memiliki penjualan sebesar 1 milyar dollar dan merupakan yang paling dominan dan sekarang bersaing dengan minuman berbasis beras, almond, dan oats.

Berdasarkan release yang diterima FOODREVIEW INDONESIA dari DuPont Nutrition & Health pada 16 Juni 2017 DuPont Global Product Manager, Jean Baptiste Dufeu mengungkapkan bahwa pendorong meningkatnya penjualan minuman nabati adalah permintaan dari minuman dairy-free untuk konsumen yang mengidap intoleran laktosa. 

Sekitar 25% konsumen Eropa menghindari produk susu di dalam pola konsumsinya dengan alasan kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan solusi untuk meningkatkan kualitas minuman nabati ini, dan salah satunya dengan menyetabilkan produk menggunakan gellan gum. Penyetabil ini dapat memberikan menjaga stabilitas produk tanpa perlu menambahkan bahan tambahan lain. Selain itu juga bersifat label-friendly dan mendukung preferensi konsumen yang menginginkan clean label dan minuman nabati yang bebas dari ingridien artifisial. Fri-33

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...