Pengemas mengambil peran penting dalam suatu produk pangan. Selain harus memenuhi nilai keamanan pangan, pengemas juga diharapkan mempunyai nilai inovasi khususnya untuk menarget generasi millenial saat ini. Tren pengemas ke depan akan banyak dipengaruhi oleh generasi millenial berkisar tentang pengemas yang natural, sederhana, dan jelas.
Hal itu disampaikan dalam Seminar Global Megatrends & Millenials Consumer Needs yang diselenggarakan oleh Indonesia Packaging Federation (IPF), merupakan rangkaian acara Pameran SIAL Interfood 2017 di Jakarta pada 22 - 25 Nopember 2017.
"Generasi millenial saat ini tidak hanya mementingkan kalori, tetapi juga gizi apa yang terkandung di dalamnya," ungkap Direktur Pengembangan Bisnis Asia Printpack. Vivek A. Chougule.
Pada kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif Sector Asia Sealed Air Food Care Gareth Reynold juga menuturkan bahwa terdapat enam pilar dalam inovasi pengemasan yang perlu dilakukan dalam menarget generasi millenial ini.
Enam pilar tersebut adalah kenyamanan dalam penggunaan, harga, keamanan, fungsi, cerita dalam produk, dan kerberlanjutan. Generasi millenial, seperti yang dijelaskan oleh Gareth, akan lebih kritis pada suatu produk yang diawali dengan kesan pertama pada pengemas.
"Untuk menghadapi generasi millenial, suatu retail harus memiliki strategi terutama pada bidang pengemasan. Karena, pasar dapat pergi bila mereka tidak mendapat apa yang diinginkan dalam pengemas tersebut," jelas Gareth Rheynold. FRI-35