Tren Pengemas Pangan untuk Generasi Millenial


 

Pengemas mengambil peran penting dalam suatu produk pangan. Selain harus memenuhi nilai keamanan pangan, pengemas juga diharapkan mempunyai nilai inovasi khususnya untuk menarget generasi millenial saat ini. Tren pengemas ke depan akan banyak dipengaruhi oleh generasi millenial berkisar tentang pengemas yang natural, sederhana, dan jelas. 

 

Hal itu disampaikan dalam Seminar Global Megatrends & Millenials Consumer Needs yang diselenggarakan oleh Indonesia Packaging Federation (IPF), merupakan rangkaian acara Pameran SIAL Interfood 2017 di Jakarta pada 22 - 25 Nopember 2017. 

"Generasi millenial saat ini tidak hanya mementingkan kalori, tetapi juga gizi apa yang terkandung di dalamnya," ungkap Direktur Pengembangan Bisnis Asia Printpack. Vivek A. Chougule.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif Sector Asia Sealed Air Food Care Gareth Reynold juga menuturkan bahwa terdapat enam pilar dalam inovasi pengemasan yang perlu dilakukan dalam menarget generasi millenial ini. 

Enam pilar tersebut adalah kenyamanan dalam penggunaan, harga, keamanan, fungsi, cerita dalam produk, dan kerberlanjutan. Generasi millenial, seperti yang dijelaskan oleh Gareth, akan lebih kritis pada suatu produk yang diawali dengan kesan pertama pada pengemas. 

"Untuk menghadapi generasi millenial, suatu retail harus memiliki strategi terutama pada bidang pengemasan. Karena, pasar dapat pergi bila mereka tidak mendapat apa yang diinginkan dalam pengemas tersebut," jelas Gareth Rheynold. FRI-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...