Produsen Snack Tawarkan Kemudahan Penyajian untuk Konsumen


 

Selain pengembangan rasa, beberapa inovasi yang dapat dilakukan pada produk savory snack antara lain adalah cara penyajian, kemasan produk, klaim kesehatan, dan penggunaan bahan baku alternatif lain. Inovasi dalam hal cara penyajian di antaranya adalah penyajian yang memberikan pengalaman kepada konsumen sebelum mengonsumsi produk. Dalam penyajian ini konsumen diberikan keleluasaan dalam mempersiapkan snack yang akan dikonsumsi, seperti konsumen bisa mengatur banyaknya bumbu yang ditambahkan sesuai selera, misalnya adanya saus cocol berupa saus sambal atau saus keju yang cukup populer saat ini. Bentuk penyajian lainnya adalah penyajian untuk satu kali konsumsi, yaitu salah satunya dengan memperkecil ukuran penyajian. Selain dengan alasan efektivitas biaya dalam sebuah produk, melakukan penyajian untuk satu kali konsumsi ini memudahkan bagi konsumen dalam mengonsumsi snack sambil beraktifitas dan tanpa ada sisa snack yang perlu disimpan kembali. 

 

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...