Beberapa tahun terakhir, penggunaan bahan tambahan pangan (BTP) pewarna di antaranya dipengaruhi oleh tren pangan yang berkembang, seperti clean label dan produk pangan alami. Regional Marketing Manager CHR Hansen Singapura, Choo Pei menjelaskan bahwa penggunaan ingridien alami, termasuk pewarna alami didukung dengan berkembangnya tren clean label dan alami. Hal tersebut dapat dilihat dari data NNB 10 key trends 2014 ñ 2018 yang menjelaskan bahwa clean label, alami dan konsumsi makanan ringan menyehatkan (healthy snacking) menjadi tren yang terus berlanjut dari 2014 sampai sekarang, berbeda dengan tren lainnya seperti protein, rendah gula, pangan berbasis tanaman, dan produk personalisasi yang baru muncul antara 2015 ñ 2017.
Kesadaran konsumen terhadap kesehatan yang diikuti dengan tren pangan yang menyehatkan juga memberikan pengaruh di mana konsumen lebih memilih untuk mengindari bahan-bahan aditif dan ingridien artifisial, sesuai dengan pendekatan clean label. Berdasarkan data Mintel Paths to Innovation (2017), sebanyak 34% metro consumers Indonesia berencana untuk mengonsumsi produk pangan dengan pengolahan yang minimal (less processed foods) dalam waktu 12 bulan ke depan untuk mendukung diet dan kesehatan.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juni 2018: Dairy Opportunity.
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039