Tren penggunaan pewarna alami untuk pangan


 


Beberapa tahun terakhir, penggunaan bahan tambahan pangan (BTP) pewarna di antaranya dipengaruhi oleh tren pangan yang berkembang, seperti clean label dan produk pangan alami. Regional Marketing Manager CHR Hansen Singapura, Choo Pei menjelaskan bahwa penggunaan ingridien alami, termasuk pewarna alami didukung dengan berkembangnya tren clean label dan alami. Hal tersebut dapat dilihat dari data NNB 10 key trends 2014 ñ 2018 yang menjelaskan bahwa clean label, alami dan konsumsi makanan ringan menyehatkan  (healthy snacking)  menjadi tren yang terus berlanjut dari 2014 sampai sekarang, berbeda dengan tren lainnya seperti protein, rendah gula, pangan berbasis tanaman, dan produk personalisasi yang baru muncul antara 2015 ñ 2017. 

 

Kesadaran konsumen terhadap kesehatan yang diikuti dengan tren pangan yang menyehatkan juga memberikan pengaruh di mana konsumen lebih memilih untuk mengindari bahan-bahan aditif dan ingridien artifisial, sesuai dengan pendekatan clean label.  Berdasarkan data Mintel Paths to Innovation (2017), sebanyak 34% metro consumers Indonesia berencana untuk mengonsumsi produk pangan dengan pengolahan yang minimal (less processed foods) dalam waktu 12 bulan ke depan untuk mendukung diet dan kesehatan. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juni 2018: Dairy Opportunity.
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...