Peran Perisa dalam Formulasi Produk Pangan


 

Perisa (Flavor) diartikan sebagai keseluruhan kesan atau sensasi yang diterima oleh indra manusia terutama oleh rasa dan bau pada saat makanan diletakkan  dalam mulut atau makanan dan minuman tersebut dikonsumsi. Rasa manis, pahit, asam, asin, dan gurih merupakan sensasi rasa yang sudah diketahui oleh setiap orang. Kesan terhadap perisa akan dipengaruhi oleh sifat akustik bahan, tekstur, dan penampakannya. 

 

Perisa berguna untuk memberi maupun menambahkan aroma dan rasa pada produk pangan sehingga menimbulkan kesan enak dan lezat. Pengembangan produk pangan baru sangat erat kaitannya dengan memunculkan varian produk yang memiliki ìrasa baruî yang dihasilkan dari perisa yang digunakan. Oleh karena itu, penggunaan perisa mendapat perhatian yang serius dari kalangan industri.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Maret 2019: Savor the Flavor. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...