Peran Perisa dalam Produk Pangan


 

Perisa (flavor) merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi sifat organoleptik produk pangan. Bahkan, perisa dapat berpengaruh terhadap efek psikologis seorang konsumen. General Manager PT Tegar Inti Sentosa, Zulaikha menuturkan bahwa peran perisa sangatlah krusial untuk memberikan persepsi pada konsumen. 
"Flavour yang creamy dan sweet kurang cocok untuk diaplikasikan ke product diet yang bertujuan untuk mengurangi berat badan, karena flavour tersebut dapat memberikan persepsi menggemukkan. Tetapi flavour creamy dan sweet tersebut akan cocok untuk produk lezat, kaya akan rasa dan mengenyangkan," katanya dalam seminar Dairy & Beverages Market Trends & Sugar Reduction yang diselenggarakan di Jakarta, 4 Februari 2020 lalu.

Di acara tersebut, CEO Einar Willumsen, Jan Grøndal menyampaikan bahwa konsumen seringkali kurang tepat dalam memahami keberadaan perisa di suatu produk pangan. Di mana konsumen sering mengaitkan bahwa perisa yang diciptakan dari proses kimiawi tidak lebih baik dari perisa natural. 

"Jika kita lihat lebih dalam lagi, ada banyak proses dan bahan kimiawi yang merupakan bagian dari alam itu sendiri. Di flavor house kita mencoba untuk mengombinasikan agar dapat memunculkan flavor yang lebih kuat dan tentu saja memnuhi standar baik keamanan dan kualitasnya," pungkasnya. Fri-35

 

Artikel Lainnya