Dualitas Produk Pangan Berbasis Whole Grains


 

Minuman yang dimakan atau makanan yang diminum ini acapkali mengandung berbagai bahan baku yang dulunya digunakan sebagai makanan dan tidak umum digunakan untuk minuman. Contoh yang cukup umum dan banyak diketahui adalah penggunaan kacang-kacangan sebagai bahan baku utama di minuman ini misalnya kacang kedelai, kacang hijau (khas minuman di Indonesia). 

 

Bahan baku lain yang mulai terlihat trennya adalah penggunaan ìwhole grainsî sebagai bahan dasar minuman, sebut saja oats, barley atau untuk di Indonesia kita kenal juga jali-jali, selain itu juga ada dari beras, quinoa, sorghum maupun millet. Penyebutan ìwhole grainsî tentunya mengacu pada bentuk biji-bijian yang masih utuh dimana masih terdapat sekam (bran), germ, dan endosperma, karena itulah beras yang dipakai untuk minuman ini biasanya disebut sebagai ìbrown riceî, bukan beras putih.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Mei 2019, Beverages: More Than Just Thirst-Quencher. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039.

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...