Tren Global Non-Dairy Creamer dalam Produk Pangan


 

Krimer merupakan salah satu ingridien yang banyak digunakan dalam produk pangan secara luas. Penambahan krimer dalam bahan pangan memiliki berbagai tujuan, yaitu sebagai creamy agent, milky agent, sebagai isian krim, dan sebagainya. Pada awalnya krimer terbuat dari bahan hewani, yaitu dari susu. Namun seiring perkembangannya, krimer  juga dapat terbuat dari sumber nabati yang disebut dengan non-dairy creamer (NDC) atau krimer nabati.

 

Seiring penggunaan krimer pada produk pangan yang semakin luas, produksi  akan krimer nabati juga semakin tinggi. Adanya kasus intoleransi laktosa, alergi, isu vegetarian dan vegan, serta tren plant-based diet merupakan sebab dari meningkatnya permintaan produk NDC. Krimer nabati juga dikenal sebagai hydrogenated creamer, yang digunakan sebagai pengganti krimer berbahan baku susu dalam produk pangan. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Mei 2019, Beverages: More Than Just Thirst-Quencher. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039.

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...