Peran Penting Kemasan dan Label Produk Pangan




Seiring dengan perkembangan industri pangan yang kian pesat, produk-produk pangan yang ada di pasaran juga gencar berinovasi untuk tetap menjadi pilihan konsumen. Dalam memastikan suatu produk pangan diterima oleh pasar, industri pangan harus memahami penerimaan konsumen terhadap ekapektasi produk. Ekspektasi tersebut salah satunya terkait penampilan produk melalui kemasan dan label.

"Fungsi kemasan pada saat ini telah berubah sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat.

Kemasan tidak hanya sebagai wadah dan pelindung, namun juga menjadi identitas produk yang menyediakan informasi produk bagi konsumen, dalam hal ini dicerminkan oleh label produk. Label dalam produk pangan berisi representasi dan informasi, kepastian, perlindungan, pertanggungjawaban, serta peraturan produk," tutur Ketua IPB SDGs Network, Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, MS dalam seminar Konsumen Cerdas #Kenali Labelnya yang diselenggarakan pada 31 Agustus 2019 di Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Bogor.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, label khususnya yang berhubungan dengan sertifikasi, sekaligus sebagai alat promosi penjualan yang menjadi daya tarik dan dapat mempengaruhi minat beli konsumen. "Label yang dimaksud ini bisa memuat aspek kekhususan seperti halal, permintaan pasar seperti vegan dan organik, keunggulan produk contohnya berkelanjutan, serta memuat peraturan seperti PIRT dan MD.

Karena isu lingkungan sekarang sedang menjadi aspek yang diperhitungkan, kemasan produk pangan yang memiliki label daur ulang lebih banyak dipilih karena dianggap berkelanjutan," pungkas Bayu. Fri-37

Artikel Lainnya