Untuk menghindari kegagalan produk baru dengan kerugian besar bagi perusahaan, melibatkan konsumen sebagai panelis dapat menjadi langkah yang tepat seperti:
- Kesukaan akan prototipe produk pangan baru tidak hanya berdasarkan feeling atau kesukaan dari tim R&D atau panelis internal karena biasnya sangat besar dan tidak cukup, apalagi menyangkut aspek penerimaan produk. Libatkan konsumen dalam kategori produk pangan yang ditargetkan.
- Hampir setiap tahapan pengembangan produk baru dapat menggunakan metode cepat customer based sensory profiling.
- Jangan terfokus pada uji kesukaan atau drowning pada uji hedonik saja, namun coba juga digali emosi dan sikap konsumen terkait interaksinya dengan produk.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2020: Flavor Indonesia. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039.
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #flavor #indonesia #foodflavor