Metode cepat customer based sensory profiling adalah metode sensoris untuk karakterisasi atribut dari sebuah produk pangan menggunakan basis konsumen yang pernah berinteraksi dengan produk. Dalam ilmu sensoris, konsumen memang acapkali digunakan sebagai panelis, hanya saja masih sebatas untuk uji afektif.
Contoh uji afektif adalah uji kesukaan atau uji hedonik yang biasa digunakan untuk uji sensoris penerimaan produk di konsumen. Uji hedonik sering digunakan dalam pengembangan produk baru hanya untuk melihat kesukaan atau penerimaan panelis terhadap produk baru tersebut tanpa mengkarakterisasi atribut dari produknya.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2020: Flavor Indonesia. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039.
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity.
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #flavor #indonesia #foodflavor