Pada dasarnya target produsen untuk penyesuaian selera atau rasa bagi konsumen. Sehingga, melibatkan konsumen dalam tahap uji sensori ini menjadi cukup penting. Dalam ilmu sensori, memang sering menggunakan konsumen sebagai panelis, hanya saja masih terbatas untuk uji afektif yakni uji kesukaan atau uji hedonik yang biasa digunakan untuk uji sensori penerimaan produk di konsumen.
Perkembangan ilmu sensori terkini telah menggunakan metode cepat dalam uji sensori karakteristik dengan berbasis konsumen. Metode cepat pengkarakterisasi sensori ini disebut dengan customer based profiling rapid methods atau disebut juga dengan disebut uji deskripsi berbasis konsumen/pelanggan.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi November 2020: Sustainable Food Packaging. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039.
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #sustainable #food #packaging