Perubahan Demografi Masyarakat Indonesia


 

Pada tahun 2020, piramida penduduk Indonesia masih berbentuk cukup umum, bahwa penduduk usia muda cukup besar, bahkan sampai penduduk usia remaja dan dewasa. Tingkat konsumsi atau kebutuhan pangan pada negara berpenduduk remaja ini memang cukup besar, sehingga angka konsumsi beras pada 2020 masih tercatat 29,40 juta ton. Pada tahun 2022, total konsumsi beras masih meningkat hingga 30,21 juta ton, lebih banyak karena jumlah penduduk yang terus naik, walaupun tingkat konsumsi beras per kapital telah turun hingga 94 kg/kapital. Penduduk usia lanjut semakin lama semakin berkurang hingga piramida penduduk pada 2020 berbentuk lancip hingga berbentuk garis lurus.

 

Tahun 2045 dan tahun 2070, bentuk piramida penduduk Indonesia berubah menjadi berturut-turut lonjong dan bahkan agak lancip di bawah. Piramida penduduk seperti itu menggambarkan kohor penduduk yang bergerak ke usia menengah, bukan lagi usia muda. Pada tahun 2045, tingkat kelahiran bayi berkurang, bahkan semakin banyak pasangan muda yang memilih untuk mempunyai anak 1-2 orang atau bahkan memilih untuk tidak mempunyai anak.

Penurunan tersebut dipoyeksikan akan terus berlangsung hingga di bawah 20% pada tahun 2050. Fenomena sebaliknya juga terjadi cukup masif, terutama karena angka harapan hidup juga berubah dan membaik, sebagai konsekuensi dari pembangunan ekonomi selama setengah terakhir. Penduduk lanjut usia (>65 tahun) terus naik, dari 3% pada tahun 1970 menjadi 18% pada 2050 karena kualitas pelayanan kesehatan juga semakin membaik. 

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi Januari 2023: Industri Pangan Masa Depan dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/frijan23online

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL 

Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity 
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #food #pangan #diary #innovation #challenges #new #issue #magazine #january #industry #pangan #masa #depan #future #food #industry

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...