Laporan Economy Indonesia sebagai pasar konsumsi State of the Global Islamic 2022 menyebutkan pangan halal terbesar di dunia dengan nilai konsumsi USD 146,7 miliar atau 11,6% dari total konsumsi halal di dunia pada 2021. Posisi kedua ditempati oleh Bangladesh dengan nilai konsumsi USD 125,1 miliar dolar, dan Mesir di posisi ketiga dengan nilai USD 120,1 miliar dolar. Nilai konsumsi pangan halal Indonesia tersebut diprediksi akan terus meningkat menjadi USD 204 miliar pada 2025 atau tembus sebesar 39% dibandingkan pada tahun 2021.
Pasar halal di Indonesia menjadi potensi yang besar bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan produknya. Didukung dengan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi produk halal, sertifikasi halal dapat menjadi nilai lebih bagi pelaku UMKM. Memiliki sertifikat halal menjadi jaminan bahwa produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan syariah dan meningkatkan kepercayaan konsumen.
Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi April 2023 - Flavor Nusantara dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/friapr23online
Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL
Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #food #pangan #flavor #nusantara #rempah #rasa #aroma #tekstur #sensasi #sensori #atributpangan