Indonesian Packaging Federation (IPF) Kembali Gelar PackindoStar 2024



Pengembangan kemasan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam meningkatkan daya tarik suatu produk. Untuk dapat mengkatalis kemajuan industri kemasan dalam negeri, Indonesia Packaging Federation (IPF) kembali menggelar PackindoStar 2024. Perhelatan tersebut merupakan ajang tahunan yang melibatkan para produsen kemasan, pemilik merek, dan mahasiswa, tetapi juga menjadi wahana untuk menghargai keunggulan dalam pengembangan kemasan. Bersamaan dengan itu, kegiatan ini juga secara konsisten menelurkan packaging designer yang kemampuannya diakui di perhelatan internasional seperti WorldStar dan AsiaStar.

Kompetisi PackindoStar 2024 tersebut dibagi dalam empat kategori yaitu Consumer Package, Transport Package, Student Package dan Sustainability Package. Perusahaan pengemasan atau pun brand owner yang tertarik bergabung, dapat mendaftar pada Kategori Industri. Sementara untuk mahasiswa dan pelajar, dapat bergabung di Kategori Student Package. "Sedang kategori Sustainability Package terbagi dalam 2 sub-kategori komersial dan sub-kategori konsep yang bisa diikuti baik oleh industri (brand owner, packaging converter), lembaga swadaya masyarakat (NGO), mahasiswa, dan lembaga dan organisasi yang terkait dengan pengemasan," kata Business Development Director IPF Ariana Susanti di Jakarta pada Selasa (4/6).

Lebih jauh Ariana menjelaskan, pada Kategori Sustainability Package tersebut, harus memberikan dampak positif pada lima kriteria penjurian yakni dampak sosial yakni manfaatnya bagi masyarakat; material, yakni bahan yang digunakan termasuk sumber daya terbarukan; pengurangan material yang digunakan; optimalisasi eneergi selama transportasi, penyimpanan dan penggunaan secara efisien; dan penggunaan bahan yang dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, daur ulang bahan pasca-konsumen.

Kategori Sustainability Package dengan sub-kategori Komersial tersebut diberi label PEFC Forest-Positive Packaging Award 2024, diselenggarakan oleh IPF bersama salah satu anggotanya yakni Programme for the Endorsement of Forest Certification PEFC, merupakan lembaga sertifikasi hutan untuk pengelolaan hutan lestari, yang memastikan bahwa hutan dikelola sesuai dengan persyaratan lingkungan, sosial dan ekonomi. 

Dalam kompetisi tersebut, untuk pemenang kategori Consumer package dan Transport Package yang diikuti oleh industri akan mendapatkan Certificate of recognition dari PackindoStar untuk mengikuti AsiaStar dan WorldStar Awards, mendapatkan Trophy PackindoStar, dan pemenang berhak menggunakan logo PackindoStar pada kemasan produk dan media promosi lainnya sebagai wujud apresiasi IPF atas partisipasi peserta dalam kegiatan kompetisi ini.

Adapun pemenang untuk kategori Student Package akan mendapatkan Certificate of recognition dari PackindoStar untuk mengikuti AsiaStar dan WorldStar Awards, hadiah total puluhan juta rupiah, mendapat fasilitas untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional yakni AsiaStar dan WorldStar. Sedangkan pemenang untuk kategori Sustainability Award akan mendapatkan Certificate of recognition dari PackindoStar untuk mengikuti AsiaStar, WorldStar Awards, dan Sustainability Awards - Packaging Europe, serta mendapatka  Trophy Sustainability Award. 

Registrasi kompetisi Packindostar tahun ini dimulai 1 Juni 2024 dan berakhir pada 30 Agustus 2024, dengan batas waktu pengiriman materi kelengkapan pendaftaran pada 30 Agustus 2024. Untuk pengumuman pemenang akan dilangsungkan pada 10 September 2024, dan penyerahan penghargaan akan berlangsung pada 8 Nopember 2024 di Bali. FRI-08

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2024

    Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis

    PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC.  ...

  • Jul 15, 2024

    Pemanfaatan Teknologi Membran dalam Produksi Peptida Bioaktif sebagai Ingridien Pangan Fungsional

    Perubahan pola konsumsi masyarakat dewasa ini memicu transformasi industri pangan. Konsumen kini lebih sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan, mendorong permintaan terhadap pangan fungsional, yang tidak hanya bergizi dan menyehatkan, tetapi juga diproduksi secara berkelanjutan (sustainable). Hal ini membuka peluang bagi pengembangan teknologi pangan yang inovatif dan ramah lingkungan. ...

  • Jul 08, 2024

    SINBIOTIK & MIKROBIOTA USUS

    Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan terus meningkat. Hal ini mendorong mereka untuk mencari dan memahani berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satu istilah dan informasi yang kini semakin dikenal masyarakat adalah mikrobiota usus (gut microbiota). Secara umum mikrobiota diartikan sebagai komunitas mikroorganisme pada suatu ekosistem.   ...

  • Jun 28, 2024

    Analisis Sensoris untuk Evaluasi Pengembangan Produk Baru

    Untuk mengevaluasi karakterisiktik suatu produk pangan melalui indra manusia seperti aroma, tekstur, rasa, dan penampilan, sangat diperlukan adanya analisis sensoris. Metodologi analisis sensoris ini diatur dalam standar SNI. Beberapa pengujian yang umum digunakan, yakni metode uji segitiga juga uji deskrpsi. ...

  • Jun 27, 2024

    Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 Hadir Kembali

    Pameran tahunan terbesar di Surabaya, Pameran EastFood (IIFEX) & EastPack Surabaya 2024 resmi dibuka hari ini, Pameran ini merupakan platform Business to Business yang diharapkan dapat memperluas wawasan para pengusaha pangan dan kemasan tentang potensi pasar di mancanegara sekaligus membentuk jaringan pemasaran mendorong pelaku usaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas serta kompeten.  ...