Napindo Kembali Hadirkan Pameran dan Forum Internasional Terbesar di Sektor Peternakan, Perikanan, dan Agribisnis



PT Napindo Media Ashatama (Napindo) kembali menyelenggarakan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed, Indo Fisheries, Indo Dairy, Indo Agrotech dan Indo Vet 2024 yang akan dibuka pada 17-19 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Assistant Project Director Napindo, Lisa Rusli mengatakan bahwa pameran pada kali ini akan mengusung tema ketahanan pangan sebagai pilar stabilitas nasional. “Pameran ini menampilkan berbagai segmen mulai dari peternakan, pengolahan hasil ternak, kesehatan hewan ternak, hingga pameran pakan ternak, pengolahan susu, sistem kandang, kebersihan, dan pengemasan hasil olahan susu,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2024 di JCC. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Erwin Dwiyana berharap pameran ini bisa menjadi ajang bertemu para pelaku usaha dan pengolahan untuk memperluas kerja sama dalam pengembangan sektor perikanan. “Ini adalah untuk pertama kalinya KKP menjadi tuan rumah dalam pameran Indo Fisheries. Sebagai negara kepulauan, dengan sumber daya perikanan yang melimpah, kita perlu mendorong ekspor dan membuka akses seluas-luasnya hasil nelayan dan pengolahan perikanan, sehingga pameran seperti ini tentunya akan sangat penting dan bermanfaat,” tuturnya. 

Dalam pameran ini, KKP akan membuka booth khusus untuk kebijakan dan prioritas seperti ekonomi biru yang menyeimbangkan eksplorasi dan kepentingan ekonomi, serta hilirisasi sektor perikanan yang membuka peluang inovasi. "Dengan kehadiran peserta luar negeri, ini adalah kesempatan emas untuk menjalin kerja sama mitra dagang dan investasi, selain itu, acara sampingan yang juga kami adakan adalah talkshow yang membahas ketahanan dan stabilitas pangan dengan menampilkan inovasi seperti hidrolisat protein ikan untuk pengayaan penganan atau snack,” imbuhnya. Tidak lupa, pameran ini juga menjadi ajang untuk menyosialisasikan SDTI (Susu Daging Telur Ikan) melalui berbagai program seperti Bazaar UMKM, Gelar Buah Nusantara 2024, Demo Cooking, Talkshow, dan kegiatan anak dalam rangkaian SDTI Fun. Ini adalah bagian dari gerakan untuk meningkatkan konsumsi protein hewani yang juga menjadi fokus pasangan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...