Info GAPMMI


 

• Diskusi Pagi Kementerian Peindustrian “Peningkatan Daya Saing Industri Makanan, Minuman, Jamu dan Komestika” dihadiri para pelaku usaha terkait dan instansi Pemerintah. Dalam sambutannya Menteri Perindustrian mengatakan bahwa guna meningkatkan daya saing produk makanan dan minuman dalam negeri dan melindungi masuknya produk-produk makanan dan minuman impor ilegal, pemerintah telah melakukan langkah-langkah antara lain penerapan ketentuan label berbahasa Indonesia, registrasi produk makanan dan minuman dalam negeri melalui pendaftaran MD dan PIRT serta makanan dan minuman impor melalui pendaftaran ML, penerapan SNI dan pembatasan pelabuhan tujuan impor. Di samping itu, sertifikat halal juga dapat menjadi hambatan masuknya produk-produk impor walaupun penerapannya masih bersifat sukarela. Selain itu, guna meningkatkan mutu dan keamanan produk makanan dan minuman perlu memperhatikan penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.
 
• GAPMMI melakukan audiensi dengan LPPOM MUI pada tanggal 2 Maret 2012. Pertemuan ini membahas beberapa hal terkait Daftar Lembaga Halal Luar Negeri yang di setujui MUI yang mengalami perubahan; SK Direktur LPPOM MUI No. 115 tentang Peraturan Pembiayaan Sertifikasi Halal; Sertifikasi Halal bagi Produk UKM dan Rancangan Undang – Undang Jaminan Produk Halal.
 
(FOODREVIEW INDONESIA | VOL. VII/NO. 4/APRIL 2012)

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...