Teh Hijau, Green vs Brown Flavor Notes



Teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Sejatinya, teh hijau telah lama dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Keunggulan teh hijau terletak pada komponen bioaktifnya yang memberi manfaat kesehatan. Selain itu, teh hijau juga dikenal memiliki flavor khas dan unik. Oleh sebab itu, banyak industri yang kemudian tergoda dengan menjadikan “teh hijau” sebagai salah satu ingridien dalam produknya. Tujuannya adalah mengambil komponen bioaktif yang terdapat dalam teh hijau, dan/atau mendapatkan flavor teh hijau. Hasilnya, beberapa produk dengan flavor teh hijau mendapat sambutan yang hangat dari konsumen. Bahkan selain dalam bentuk natural, kini industri pangan juga bisa mendapatkan flavor teh hijau dalam bentuk sintetik.

Green vs brown flavor notes

Studi mengenai flavor teh hijau telah banyak dilakukan. Pada intinya adalah flavor teh hijau banyak dipengaruhi oleh jenis, budidaya, faktor alam, dan juga tahapan pengolahan. Lee dkk (2007) mengungkapkan, secara umum terdapat dua jenis karakter flavor pada teh hijau, yaitu green (vegetative) dan brown.

Oleh: Fri-09
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah FOODREVIEW INDONESIA edisi Maret 2015, yang dapat diunduh di www.foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Sep 17, 2024

    Kopi Indonesia: Tantangan di Tengah Perubahan Iklim

    Kopi, sebagai minuman telah menjadi bagian dari budaya global, yang dapat ditemui di berbagai sudut dunia. Diperkirakan 5 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. ...

  • Sep 15, 2024

    PELUANG pengembangan Green Tea Powder & Matcha di Indonesia

    ​Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat, minat konsumen terhadap produk green tea powder (GTP) dan matcha tea powder (MTP) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berbagai potensi manfaat kesehatan GTP dan MTP menjadikan produk-produk ini semakin diminati konsumen. ...

  • Sep 13, 2024

    Finding the Natural Ingredient for Food Preservation

    Utilizing natural antioxidants in food preservation not only helps maintain flavor, color, and nutritional quality but also aligns with the consumer demand for clean-label and health- promoting ingredients onsumers are increasingly aware of what is printed on the food label.  ...

  • Sep 11, 2024

    potensi & Tantangan bioteknologi & alternatif kopi

    Kopi telah menjadi komoditas unggulan Indonesia dan berperan penting dalam perekonomian negara. Selain itu, kopi juga telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari maraknya kafe kopi dan berbagai kompetisi kopi yang digelar secara rutin. Akan tetapi, Kenaikan harga kopi yang signifikan telah menimbulkan tantangan baru bagi industri kopi. ...

  • Sep 05, 2024

    SNI Kopi Instan: Melindungi Konsumen & Menjamin Mutu Produk

    Kopi telah menjadi bagian dari budaya dan tak terpisahkan sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia. Perkembangan budaya kopi saat ini ditandai dengan beragamnya jenis kopi, sampai pada cara produksi, penyiapan dan konsumsi kopi, sehingga memungkinkan setiap individu untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang sesuai dengan selera dan gaya hidup mereka masing-masing. ...