Perkembangan Perisa Pangan di Jepang


 

Mengamati perkembangan produk-produk pangan di negeri sakura Jepang sangat menarik. Perkembangan berbagai produk baru yang seakan tak kenal jemu dan tampil indah, akan selalu mengundang decak kagum, selain menggugah selera untuk mencicipinya. Hampir dapat dipastikan pada setiap kunjungan akan ditemukan produk-produk baru atau setidaknya sesuatu yang baru. Selain itu, hampir dapat dipastikan pula akan ada kekhasan produk pada setiap wilayah yang dikunjungi yang tidak ditemukan pada produk di wilayah lainnya. 


Berkaitan dengan cita rasa yang dimiliki beragam produk tersebut tentu tidak semua produk membuat lidah bergoyang, bahkan terkadang berbeda dari harapan. Namun tak dapat dipungkiri banyak ide-ide kreatif yang dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan perisa (flavor) pangan di Indonesia sehingga sangat menarik untuk diperhatikan lebih jauh lagi.

 

Prof. C. Hanny Wijaya, Presiden Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia dan Dosen Depertemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor akan mengupas mengenail dinamika perisa pangan di negeri sakura tersebut. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol 1, No 1, 2017 edisi "Innovation Challanges 2017" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...