Fluktuasi Harga Telur: Tantangan Bagi Industri Bakeri


 

Dalam industri pangan, terutama produsen bakeri, telur memiliki peran yang sangat
penting. Sayangnya harga telur saat ini sangat berfluktuasi, sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam penyediaannya.

 

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani utama bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, telur juga menjadi ingridien penting dalam pengolahan pangan, mulai dari tingkat rumah tangga dan usaha mikro, hingga industri
besar. Telur setidaknya memiliki dua fungsi penting dalam proses pengolahan pangan, yakni sebagai peningkat nilai gizi dan juga pemberi sifat fungsional tertentu. Sebagai peningkat nilai gizi, telur terbukti memiliki kandungan senyawa penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Hendry Noer Fadillah, STP, MP. Market analyst PT Industry Navigator Indonesia, akam membahas mengenai fungsionalitas telur serta konsumsi telur di Indonesia. Informasi selanjutnya dapat dibaca di FOODREVIEW INDONESIA Vol XII/No.2 2017 edisi Quality Bakery di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...