Besarnya Disposable Income Pengaruhi Konsumsi Produk Pangan


 

Salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan pasar savory snack adalah besaran disposable income masyarakat saat ini. Disposable income atau pendapatan yang siap dibelanjakan adalah pendapatan yang dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Perhitungan disposable income adalah personal income dikurangi dengan pajak langsung. Tingkat disposable income berbanding lurus dengan tingkat pengeluaran konsumsi. Berdasarkan hasil riset global McKinsey 2016, Indonesia memiliki rata-rata disposable income yang meningkat setiap tahunnya. Peningkatan disposable income ini memengaruhi kecenderungan pola konsumsi konsumen, yang sebelumnya belanja di pasar tradisional, kini banyak beralih ke pasar modern atau convenience store. Konsumen menjadi memiliki banyak pilihan untuk membeli snack yang diproduksi di dalam negeri atau snack yang diimpor dengan berbagai rasa negara asal. Sebagai contoh, di pasar modern saat ini bisa ditemukan savory snack dengan rasa khas Amerika Latin yaitu dengan saus salsa, nachos cheese, dan jalapeno. 

 

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...