Salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan pasar savory snack adalah besaran disposable income masyarakat saat ini. Disposable income atau pendapatan yang siap dibelanjakan adalah pendapatan yang dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Perhitungan disposable income adalah personal income dikurangi dengan pajak langsung. Tingkat disposable income berbanding lurus dengan tingkat pengeluaran konsumsi. Berdasarkan hasil riset global McKinsey 2016, Indonesia memiliki rata-rata disposable income yang meningkat setiap tahunnya. Peningkatan disposable income ini memengaruhi kecenderungan pola konsumsi konsumen, yang sebelumnya belanja di pasar tradisional, kini banyak beralih ke pasar modern atau convenience store. Konsumen menjadi memiliki banyak pilihan untuk membeli snack yang diproduksi di dalam negeri atau snack yang diimpor dengan berbagai rasa negara asal. Sebagai contoh, di pasar modern saat ini bisa ditemukan savory snack dengan rasa khas Amerika Latin yaitu dengan saus salsa, nachos cheese, dan jalapeno.
Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id