Perbedaan Generasi Pengaruhi Pemilihan Produk Pangan Berklaim Kesehatan


 

Preferensi dalam memilih produk pangan, terutama produk dengan klaim kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan generasi. Nielsen Health & Wellness Survey (2014) menyebutkan bahwa generasi Z atau konsumen kelompok umur kurang dari 20 tahun mempunyai keinginan yang paling tinggi dalam membeli produk-produk premium daripada generasi lainnya. Namun, generasi Z tidak melihat bahwa kesehatan menjadi faktor yang sangat penting dalam pemilihan suatu produk pangan jika dibandingkan kelompok generasi Milenial. Di samping itu, generasi Milenial atau konsumen kelompok umur antara 21 ñ 34 tahun mempunyai kesadaran yang paling tinggi terhadap faktor kesehatan, namun keinginan untuk membeli produk premium lebih rendah disbanding generasi Z. Adapun konsumen generasi X, Baby Boomers dan Silent Generation berturut-turut terjadi penurunan baik dalam hal keinginan untuk membeli produk premium, maupun dalam melihat aspek kesehatan dari produk pangan. 

 

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...