Preferensi dalam memilih produk pangan, terutama produk dengan klaim kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan generasi. Nielsen Health & Wellness Survey (2014) menyebutkan bahwa generasi Z atau konsumen kelompok umur kurang dari 20 tahun mempunyai keinginan yang paling tinggi dalam membeli produk-produk premium daripada generasi lainnya. Namun, generasi Z tidak melihat bahwa kesehatan menjadi faktor yang sangat penting dalam pemilihan suatu produk pangan jika dibandingkan kelompok generasi Milenial. Di samping itu, generasi Milenial atau konsumen kelompok umur antara 21 ñ 34 tahun mempunyai kesadaran yang paling tinggi terhadap faktor kesehatan, namun keinginan untuk membeli produk premium lebih rendah disbanding generasi Z. Adapun konsumen generasi X, Baby Boomers dan Silent Generation berturut-turut terjadi penurunan baik dalam hal keinginan untuk membeli produk premium, maupun dalam melihat aspek kesehatan dari produk pangan.
Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id