Penerapan Industri 4.0 pada Industri Pangan Indonesia


 

Industri pangan menjadi salah satu dari lima industri prioritas di kementerian Perindustrian RI. Hal tersebut tidak lain karena industri pangan memiliki pasar domestik dan pengaruh yang kuat pada sektor global. Bahkan, industri pangan menjadi percontohan industri-industri lain untuk menghadapi industri 4.0

 

"Sektor industri pangan ini merupakan sektor andalan, maka untuk menghadapi industri 4.0 mungkin hanya diperlukan sedikit harmonisasi antara industri, pemerintah serta kemampuan dari para stakeholder yang terkait," jelas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam seminar Strategi dan Inovasi Pangan: Menjawab Tantangan Era Industri 4.0 pada 21 Maret 2018 di Jakarta.

Selain itu, Airlangga juga berharap industri pangan dapat menjadi light house atau proyek percontohan industri 4.0 di wilayah Asean. Industri 4.0 di bidang pangan akan mengarah pemusatan informasi dan data pada rantai produksi seperti pada rantai pemasok, produksi, hingga distribusi. 

"Harapan industri 4.0 untuk Indonesia mungkin lebih pada data dan komunikasi yang tersentralisasi sehingga memudahkan para pelaku untuk menganalisa setiap sektornya," tambah Head of Innovation and Development Centre Kalbe Nutritionals, Yunawati Gandasasmita. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...