Tantangan Formulasi Probiotik dan Prebiotik


 

Pengembangan produk pangan probiotik, prebiotik dan sinbiotik yang baru terus menerus dilakukan.  Karena manfaat probiotik tergantung strain dan manfaat prebiotik dalam menstimulasi probiotik tergantung jenis senyawanya, maka manfaat kesehatan yang diberikan oleh probiotik dan prebiotik tidak dapat digeneralisir. Dengan demikian, walaupun hasil-hasil positif dari penelitian probiotik dan prebiotik ini terus bermunculan, namun masih banyak ruang kosong yang harus diisi dengan penelitian, termasuk mekanisme aksinya untuk menghasilkan manfaat kesehatan yang efektif.

 

Dosis probiotik dan prebiotik menentukan manfaat kesehatan yang dihasilkannya. Ketika melewati saluran pencernaan bagian atas, sebagian sel probiotik akan mengalami kematian. Oleh karena itu dosis yang diperlukan dan target spesifiknya perlu ditetapkan.  Pengembangan produk probiotik harus mencakup teknik untuk memperpanjang umur simpan karena yang diperlukan adalah sel hidupnya.

Lebih lengkapnya silakan baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Maret 2018 : "Exploring Traditional Functional Ingredients"

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...