Peluang Bisnis Lada di Indonesia


 


Seasoning tersegmentasi atas lima jenis, yaitu garam dan garam substitusi, lada, herba, rempah, dan kelompok lainnya. Dari kelima jenis tersebut, kelompok garam dan garam substitusi serta lada mendominasi pasar dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Terkait lada, Indonesia menjadi salah satu negara produsen lada terbesar di dunia dengan persentase 15,6%. Namun produksi tersebut masih lebih rendah dari Vietnam di mana produksi ladanya mencakup 32,2%. Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center IPB, Prof. Nuri Andarwulan menjelaskan bahwa salah satu kendala Indonesia dalam peningkatan produksi lada  adalah bibit. ìBisnis bibit lada masih sebenarnya merupakan bisnis seksi, namun tidak ada yang mengerjakan. Terdapat data yang menunjukkan bahwa Bangka Belitung sebagai daerah penghasil lada, tahun ini membutuhkan 5,8 juta bibit dan  tahun depan akan membutuhkan 6 juta bibit,î ungkapnya dalam In-depth Seminar Foodreview Indonesia: Seasoning, Key Ingredients for Better Food Quality yang diselenggarakan di Bogor beberapa waktu lalu..

 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juni 2018: Dairy Opportunity.
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...