Inovasi Industri Pangan dengan Ingridien Lokal


 

Inovasi merupakan salah satu langkah dalam mempertahankan sebuah produksi. Tanpa inovasi, suatu produk akan kehilangan pasar yang akan berakibat pada bertahannya suatu proses produksi. Industri yang memiliki inovasi cepat memiliki pertumbuhan di atas rata-rata. Tak terkecuali industri pangan. Industri pangan yang merupakan industri paling dekat dengan konsumen tentu harus memikirkan hal tersebut. Namun, inovasi tanpa ketersediaan bahan baku yang memenuhi tentu saja sia-sia. Inovasi yang dilakukan harus didukung dengan tersedianya bahan baku, proses yang mumpuni serta sumber daya manusia (SDM) yang dapat diandalkan. 

 

Saat ini industri pangan Indonesia cenderung mengarah pada penggunaan bahan-bahan lokal dalam inovasinya. Banyak industri yang berlomba-lomba memenuhi permintaan pasar terhadap cita rasa nusantara. ìKombinasi penggunaan sumber daya lokal ini tentu snagat menarik sekali. Tetapi, tetap harus didukung dengan bahan baku yang tersedia. Sebenarnya impor yang terjadi pun karena industri dalam negeri belum mampu untuk memenuhi. Terutama industri di bidang hulu yang memerlukan investasi nilai yang tinggi,î jelas Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...