Tren Produk Dairy di Indonesia


 

Asia Pasifik merupakan pasar terbesar terhadap produk dairy. Angka terbesar dimiliki oleh produk minuman susu dan disusul dengan produk yogurt dan susu asam. Di dalam produk minuman susu tersebut, Indonesia termasuk ke dalam pasar yang sangat potensial terhadap produk dairy. Konsumsi yang meningkat terhadap produk dairy disebabkan oleh beberapa hal seperti arus urbanisasi, meningkatnya jumlah kelas menengah, mudahnya aksesbilitas terhadap produk serta nilai kesehatan yang dikandung oleh produk dairy. 

 

Selain aspek kesehatan, tren produk susu beserta analognya seperti yogurt dan susu asam memiliki persepsi yang unik di mata konsumen yang menjadikannya sebuah tren. Beberapa persepsi tersebut adalah faktor kenyamanan di mana produk dairy sangat cocok untuk dijadikan sebagai produk grab and go. Selanjutnya, produk dairy juga memiliki beberapa keuntungan lain seperti dapat menggantikan sarapan, dikonsumsi sebagai pengganti kudapan serta bersifat menyegarkan saat dikonsumsi. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...