Melirik Tren Produk Susu dan Analognya


 

Produk susu dan analognya seperti yogurt dan susu asam merupakan produk yang memiliki nilai potensial untuk dikembangkan. Pasar minuman susu, yogurt, susu asam, dan susu beraneka rasa terus mengalami pertumbuhan terutama pada kawasan Asia Pasifik. Indonesia bahkan menempati tingkat pertama dalam konsumsi produk susu dan susu beraneka rasa, disusul kemudian China, India, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Pertumbuhan terhadap konsumsi produk susu dan analognya tersebut tentu didasarkan pada beberapa hal yang memengaruhi seperti faktor urbanisasi masyarakat, meningkatnya populasi kelas menengah, mudahnya akses untuk mendapatkan produk, serta aspek kesehatan yang terdapat pada produk. 

 

Persepsi terhadap suatu produk juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya permintaan dan daya konsumsi yang terjadi pada masyarakat. Produk susu dan yogurt misalnya, memiliki persepsi yang beragam di mata konsumen. Produk tersebut dianggap sebagai produk yang dapat memberikan energi, menjadi pengganti makanan dan minuman bahkan menggantikan peran kudapan (snack) secara konvensional. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...