Produk dairy di pasaran memiliki jenis yang beragam. Masing-masing membawa preferensi yang diinginkan oleh konsumen seperti memiliki manfaat untuk kesehatan, mudah untuk dikonsumsi, ataupun sesuai dengan tren yang selalu berkembang seperti clean label.
"Permintaan terhadap produk berprobiotik sangat menjanjikan, begitu pula dengan serat. Menariknya, banyak dari perkembangan produk tersebut dikombinasikan dengan produk dairy," jelas Pemimpin Umum Foodreview Indonesia, Suseno Hadi Purnomo dalam In-Depth Seminar Foodreview Indonesia dengan tema Development & Opportunities in Functional Dairy Product yang diselenggarakan di Bogor, Kamis, 20 Juni 2019.
Produk dengan klaim clean label juga memiliki pergeseran makna. Definisi terbaru terkait dengan clean label adalah ingridien di dalam produk tersebut haruslah dapat dikenali dan diterima oleh konsumen.
"Paling penting dalam clean label adalah ingridien yang digunakan dapat diterima oleh konsumen, tidak hanya dikenali saja," ujar Asia Pacific Platform Leader - Clean and Simple Ingredients, Ingredion, Winnie Koh. Fri-35