Tren dan Perkembangan Produk Dairy Fungsional



Produk dairy di pasaran memiliki jenis yang beragam. Masing-masing membawa preferensi yang diinginkan oleh konsumen seperti memiliki manfaat untuk kesehatan, mudah untuk dikonsumsi, ataupun sesuai dengan tren yang selalu berkembang seperti clean label.

"Permintaan terhadap produk berprobiotik sangat menjanjikan, begitu pula dengan serat. Menariknya, banyak dari perkembangan produk tersebut dikombinasikan dengan produk dairy," jelas Pemimpin Umum Foodreview Indonesia, Suseno Hadi Purnomo dalam In-Depth Seminar Foodreview Indonesia dengan tema Development & Opportunities in Functional Dairy Product yang diselenggarakan di Bogor, Kamis, 20 Juni 2019.

Produk dengan klaim clean label juga memiliki pergeseran makna. Definisi terbaru terkait dengan clean label adalah ingridien di dalam produk tersebut haruslah dapat dikenali dan diterima oleh konsumen.

"Paling penting dalam clean label adalah ingridien yang digunakan dapat diterima oleh konsumen, tidak hanya dikenali saja," ujar Asia Pacific Platform Leader - Clean and Simple Ingredients, Ingredion, Winnie Koh. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...