Optimasi Daun Kelor, Daun Pandan Wangi, dan Jahe Merah sebagai Ingridien Fungsional


 

Masing-masing dari daun kelor, daun pandan wangi, dan jahe merah diyakini dan telah dibuktikan mempunyai aktivitas antioksidan maupun aktivitas efikasi dan fisiologis lainnya seperti antiinflamasi maupun antihiperurisemia. Di sisi lain daun kelor mempunyai aroma dan rasa (flavor) yang kurang bisa diterima karena sedikit pahit dan langu. 

 

Sedangkan daun pandan wangi maupun jahe merah dikenal sebagai penambah aroma dalam suatu makanan selain sifat fungsionalnya. Oleh karena itu formulasi kombinasi bahan sangat diperlukan karena setiap ingridien akan memengaruhi proses dan juga karakteristik produk akhirnya.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Maret 2020, Pangan Fungsional: Pangan dengan Klaim Kesehatan. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / (0251) 8372-333 / WA 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...