Komoditas kopi di dalam rantai pasok banyak diproduksi dalam dua bentuk yakni kopi segar (kopi berasan atau roasted bean; 52%) dan kopi instan serta siap minum (RTD; 48%). Di Asia Tenggara, berdasarkan survei Euromonitor (2020), ada tiga tren besar yang mendasari konsumsi kopi yang terbagi menjadi tiga gelombang (3-wave theory). Pertama adalah convenience, saat itu, gelombang konsumsi kopi hanya berkisar sebagai sesuatu yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak lebih dari sekadar minuman rutin di pagi hari.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2020: Flavor Indonesia. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039.
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE
#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #flavor #indonesia #foodflavor