Parameter Kualitas Cokelat Couverture


 

Cokelat adalah salah satu produk konfeksioneri yang paling popular di dunia. Hal ini disebabkan tidak hanya karena rasanya, tetapi juga karena mouthfeel unik di mulut yang didapatkan oleh konsumen saat mengonsumsinya. outhfeel yang unik ini bergantung pada tiga faktor utama, yaitu profil (titik) leleh, ukuran partikel, dan sifat alir (karakter reologi) cokelat yang meleleh di mulut. 

 

Cokelat yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua jenis, yaitu cokelat couverture dan cokelat compound. Cokelat couverture adalah cokelat ”premium” yang terbuat dari biji kakao. Sedangkan cokelat compound adalah cokelat yang menggunakan (tambahan) minyak nabati lain selain dari biji kakao.

Saat ini, baik konsumen maupun produsen cokelat sampai kelas menengah masih banyak yang belum mengetahui parameter kualitas cokelat couverture yang baik. Hal ini berimbas pada penyediaan produk cokelat couverture di pasaran yang masih berkualitas rendah. Sayangnya, konsumen lokal juga belum mengetahui standar kualitas cokelat couverture yang baik itu seperti apa. Hal ini menyebabkan konsumen menganggap bahwa produk cokelat yang ada di pasaran adalah cokelat dengan kualitas terstandar, meskipun kualitasnya belum baik.

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung Foodreview Indonesia edisi Maret 2021: "Pangan Fungsional: Pelajaran dari COVID-19" dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada http://bit.ly/foodreviewmar21online

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya? 
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL

Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id/(0251) 8372-333/WhatsApp: 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #pangan #fungsional #pelajaran #covid19 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...