Peluang Pengembangan Snack Savoury yang Menyehatkan di Indonesia



Kesehatan tubuh menjadi semakin prioritas oleh sebagian besar konsumen pangan. Faktor pemicunya beragam mulai dari kesadaran yang semakin tinggi hingga kondisi pandemi yang dalam dua tahun terakhir ini mengancam kesehatan hingga keselamatan tubuh. 

Kendati demikian, pola konsumsi pada produk snack tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Di Indonesia, hal ini terlihat dari pasar konsumen yang mengonsumsi snack terutama snack dengan flavor savoury. Data Euromonitor (2022) menunjukkan peningkatan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini juga diperkuat dengan data banyaknya snack savoury yang dijual di Indonesia. 

"Snack dengan flavour savoury akan terus memilikki porsi pada konsumen, terutama dengan adanya tren untuk tetap di rumah serta meredanya kasus pandemi," kata Marketing Manager Asia Pacific, McCormick Flavour Solutions, Benny Yap dalam FOODREVIEW Indonesia Webinar - Savoury Flavour for Healthy Snack yang diselenggarakan oleh FOODREVIEW Indonesia dan didukung oleh McCormick Flavour Solutions pada 24 Maret 2022 lalu secara virtual melalui Zoom. 

Benny menambahkan bahwa untuk tren snack yang lebih menyehatkan juga terlihat dari meningkatkan minat pada produk-produk snack berbahan baku sayuran, pulses, dan bread chips. Namun demikian, penggunaan bahan-bahan tersebut tentu perlu ditingkatkan rasanya dengan menggunakan flavour savoury yang tepat untuk mendapatkan pangsa pasar di Indonesia. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...