Kesehatan tubuh menjadi semakin prioritas oleh sebagian besar konsumen pangan. Faktor pemicunya beragam mulai dari kesadaran yang semakin tinggi hingga kondisi pandemi yang dalam dua tahun terakhir ini mengancam kesehatan hingga keselamatan tubuh.
Kendati demikian, pola konsumsi pada produk snack tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Di Indonesia, hal ini terlihat dari pasar konsumen yang mengonsumsi snack terutama snack dengan flavor savoury. Data Euromonitor (2022) menunjukkan peningkatan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini juga diperkuat dengan data banyaknya snack savoury yang dijual di Indonesia.
"Snack dengan flavour savoury akan terus memilikki porsi pada konsumen, terutama dengan adanya tren untuk tetap di rumah serta meredanya kasus pandemi," kata Marketing Manager Asia Pacific, McCormick Flavour Solutions, Benny Yap dalam FOODREVIEW Indonesia Webinar - Savoury Flavour for Healthy Snack yang diselenggarakan oleh FOODREVIEW Indonesia dan didukung oleh McCormick Flavour Solutions pada 24 Maret 2022 lalu secara virtual melalui Zoom.
Benny menambahkan bahwa untuk tren snack yang lebih menyehatkan juga terlihat dari meningkatkan minat pada produk-produk snack berbahan baku sayuran, pulses, dan bread chips. Namun demikian, penggunaan bahan-bahan tersebut tentu perlu ditingkatkan rasanya dengan menggunakan flavour savoury yang tepat untuk mendapatkan pangsa pasar di Indonesia. Fri-35