Menyediakan warna makanan berkelanjutan demi masa depan yang lebih cerah


Oleh Nattakan Sornritchingchai Senior Technical Sales Manager GNT Singapura

Makanan Pewarna EXBERRY® yang berkelanjutan dan berbasis tumbuhan dari GNT memungkinkan produk spektakuler yang memenuhi ekspektasi konsumen kini dan di masa mendatang.

Kredensial lingkungan semakin penting untuk keberhasilan suatu produk. Survey Clean Label & Naturalness 2021 yang diadakan oleh FMCG Gurus menemukan bahwa 69% konsumen Indonesia menyatakan klaim ramah lingkungan berpengaruh terhadap perilaku belanja mereka. Riset yang sama menunjukkan bahwa banyak orang juga memilih makanan dan minuman dengan bahan “asli” (60%), bahan non-GMO (56%), dan bahan berbasis tumbuhan (47%).

 Di GNT, kami berkomitmen untuk mendorong standar industri ke level lebih tinggi dengan menyelaraskan kealamian dan keberlanjutan. Makanan Pewarna EXBERRY® kami merupakan konsentrat warna berbasis tumbuhan untuk makanan dan minuman. Semuanya dibuat dari buah, sayur, dan tumbuhan yang aman dikonsumsi dengan menggunakan metode pengolahan fisik. Tumbuhan non-GMO yang sepenuhnya dapat dilacak itu dibudidayakan oleh jaringan petani tepercaya sebagai bagian rantai pasokan vertikal kami.

Kami bekerja keras untuk mengoptimalkan efisiensi produksi dan mengurangi pemakaian energi dalam tahun-tahun terakhir. Kini kami bertekad melangkah lebih jauh lagi dan menjadikan GNT sebagai yang terdepan dalam hal keberlanjutan di bidang kami.

Dalam rangka itu, kami telah memperkenalkan panduan untuk tahun 2030 guna mengoptimalkan dampak lingkungan dan sosial kami di semua operasi kami di seluruh dunia. Strategi tersebut ditopang oleh empat pilar: produk yang lebih baik, operasi yang lebih baik, pertanian yang lebih baik, dan lebih baik untuk manusia. Kami telah menetapkan rencana untuk mengurangi jejak karbon di seluruh rantai pasokan kami, berupa mencapai dampak lingkungan nol bersih untuk seluruh operasi kami, melindungi dan memulihkan alam untuk generasi mendatang, serta mengurus orang-orang di seluruh rantai nilai.

Dengan menyediakan warna berkelanjutan berbasis tumbuhan yang dikehendaki oleh konsumen, kami memberdayakan merek makanan dan minuman untuk mendorong standar industri ke level lebih tinggi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca Laporan Keberlanjutan 2021 GNT dengan mengunjungi: www.exberry. com/en/sustainability-report-2021

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...