Komersialisasi Inovasi


 

Ahli pengemasan dari International Union of Food Science & Technology (IUFoST), Prof. Gordon L. Robertson, mengungkapkan bahwa banyak penemuan yang telah dilakukan di bidang kemasan, namun hanya beberapa yang bisa dikomersialisasikan. “Inovasi bukan hanya sekedar penemuan, tetapi juga harus memasuki tahap komersialisasi,” ujar Gordon bebarapa waktu lalu.
 
Menurut catatan Gordon, ada beberapa inovasi dalam bidang kemasan yang saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh industri, di antaranya adalah sebagai berikut:
 
Nanotechnology
 
Nanotechnology banyak menarik minat perhatian industri pangan dunia. “Teknologi ini sebenarnya merupakan penemuan bangsa Yunani,” kata Gordon. Ukuran partikelnya yang sangat kecil (10-9 m) membuat teknologi ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk kemasan.Contoh aplikasi nanotechnology adalah nanocomposite. Berbeda dengan microcomposite  yang layered silicate dan polimer berada dalam fase terpisah, dalam nanocomposite polimer dan layered silicate dapat disusun berselang seling atau menyebar. Gordon menyatakan bahwa penggunaan nanocomposite
tersebut dapat menurunkan oxygen transmission rate (OTR). Di Eropa, sudah ada yang menggunakan teknologi ini, di antaranya untuk produk bir yang menggunakan botol PET.
 
Smart Packaging
 
Smart packaging merupakan salah satu inovasi penting dalam dunia kemasan. Inovasi ini mampu meningkatkan efisiensi dan jaminan keamanan pangan produk yang dikemasanya. Terdapat dua jenis smart packaging, yakni active dan intelligent packaging. Active packaging merupakan kemasan yang mengandung senyawa tertentu yang
mampu meningkatkan performa kemasan. Contoh dari active packaging antara lain kemasan yang mengandung O2, CO2, dan ethylene scavenger; ethanol emitters; moisture absorbers; flavor / odour absorbers; atau  preservative releasers (antimicrobial films). Sementara itu intelligent packaging merupakan kemasan yang mengandung indikator eksternal dan internal untuk memberikan informasi mengenai kemasan atau produk yang dikemasnya. Contoh dari intelligent packaging antara lain kemasan yang dilengkapi oleh indikator konsentrasi udara, kematangan, suhu atau waktu. Banyak inovasi yang
dilakukan dalam intelligent packaging tersebut. Salah satunya Gordon menyontohkan CO2 intelligent pigment. Di mana
pigmen disatukan dengan polimer termoplastik untuk menghasilkan film plastik yang sensitive terhadap CO2 dan tahan lama. Inovasi menarik lainnya adalah telah dikembangkannya nanosensors untuk mendeteksi keberadaan Salmonella dan
Listeria. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan deteksi cepat keberadaan dua patogen tersebut. Sensor dilengkapi dengan fluorescent organic dye yang akan menempel pada Salmonella atau Listeria, sehingga akan menimbulkan warna.
Deteksi ini sangat mudah dan cepat. Adapula indikator tingkat kematangan yang dikembangkan berdasarkan aroma. Teknologi ini memudahkan konsumen untuk menentukan tingkat kematangan yang diinginkan. Dalam kesempatan tersebut, Gordon banyak memberikan contoh lainnya seperti thermocromic ink, ultra label temperature recorder, dan lainnya.
 
Closure
 
Closure (penutup) memiliki peranan yang tidak kalah penting dengan bagian kemasan lainnya. “Kesesuaian closure akan
sangat menentukan keberhasilan pengemasan,” kata Gordon. Gordon menambahkan, bahwa secara umum terdapat lima
jenis closure untuk botol kaca -antara lain cork, crown cork, aluminium ROPP, moulded plastic cap, dan ring pull. Penelitian tentang closure pun menarik banyak pihak.
 
(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Januari 2011)

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...