TANTANGAN DAN PELUANG INDUSTRI KOPI DI INDONESIA


 

Kopi menjadi salah satu primadona yang tidak pernah mati dan semakin mengalami pertumbuhan. Pasar kopi kemasan di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan pesat dengan suksesnya beberapa merek kopi putih instan yang menggunakan klaim rendah asam, sehingga memunculkan paradigma baru bahwa konsumen dapat mengkonsumsi kopi lebih sering tanpa khawatir dengan efek asam dari kopi tersebut. Sayangnya, pasar ini dengan cepat berubah menjadi ìred oceanî. Maka dari itu, untuk mempertahankan momentum îhealthy coffeeî ini, diperlukan inovasi baru yang bedasar kepada perilaku konsumen.

 

Hasil riset yang dilakukan oleh PT. Mane Indonesia dengan menggunakan îneeds and gap analysisî akan diulas oleh Arif Fauzan, Flavor Marketing Mane Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XII, No 12, 2016 edisi "Trendy Bakery" di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...