Konsumen Indonesia kini semakin tertarik dengan rasa makanan yang trending. Salah satunya adalah sensasi cita rasa pedas yang tidak biasa, dan sekaligus beraneka ragam. Cita rasa lokal dan hidangan yang terinspirasi dari resep tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia.
Hal tersebut merupakan salah satu temuan dari hasil riset terbaru yang dilakukan oleh McCormick, sebuah perusahaan global terkemuka dalam industri rasa. Dalam rilis yang dikirimkan ke meja Redaksi FOODREVIEW Indonesia (1/9), disebutkan bahwa McCormick telah mewawancarai para pemain industri dari berbagai mitra perusahaan makanan. Para responden mengatakan bahwa preferensi konsumen Indonesia kini telah berubah. Awalnya, konsumen Indonesia lebih menyukai rasa asin, tapi kini beralih ke rasa pedas, gurih, dan beraroma bawang putih.
Untuk memenuhi permintaan konsumen tersebut, para responden berencana mendorong produksi makanan premium selama lima tahun ke depan dan menciptakan rasa yang terinspirasi dari hidangan asal Korea, Jepang, atau negara lainnya. Para responden juga akan berfokus pada pengembangan “hero flavour” atau rasa makanan khas yang dapat menjadi identitas sebuah brand, untuk dijadikan camilan, mi instan, ataupun produk lainnya. Namun, riset tersebut menunjukkan bahwa masih banyak perusahaan makanan yang kesulitan dalam menciptakan rasa makanan baru untuk memenuhi permintaan pasar.
Vice President of Specialty Flavours & Ingredients, McCormick Asia Betty Juliana Tan mengatakan, pihaknya melihat konsumen kini semakin tertarik dengan rasa makanan yang trending. Hal ini tentunya dapat menjadi peluang. Sayangnya, banyak mitranya di Indonesia yang menghadapi berbagai tantangan dalam menciptakan rasa pedas yang inovatif. Beberapa tantangan tersebut adalah kesulitan mengikuti tren pasar dan preferensi konsumen yang cepat berubah, tidak mampu merealisasikan inovasi baru dengan cepat, dan menghadapi regulasi yang kompleks.
Ia menandaskan, bermitra dengan McCormick akan menguntungkan para pelaku usaha karena mereka akan mendapatkan wawasan mendalam untuk menciptakan makanan dengan menggabungkan rasa yang tepat dan menggugah selera sehingga mereka dapat menjadi lebih unggul di industri. Betty memahami tantangan yang dihadapi pelaku usaha dalam mengembangkan produk baru yang sesuai dengan selera konsumen dan keinginan mereka untuk segera meluncurkan produknya ke pasar dengan cepat tanpa hambatan. "Kami berharap konsumen Indonesia juga dapat merasakan semangat kami yang senantiasa ingin menciptakan rasa baru dalam makanan,” kata Betty.
McCormick akan hadir pada ajang FIA Jakarta pada 4-6 September 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, untuk memperkenalkan konsep dan tren terbaru terkait makanan pedas di Hall A2 – J08. Di stan tersebut para pengunjung dapat mencicipi berbagai inovasi rasa, seperti popcorn K-Pop pedas yang saat ini sedang digemari dan keripik kentang dengan rasa Thai Spa-Therapy. Ada pula keripik kentang Carolina Reaper Tamarind yang menggugah selera dan cocok untuk yang menyukai cita rasa lokal. Tak hanya itu, ada juga keripik singkong rasa Teppanyaki Jepang dengan rasa pedas yang mantap.
"Cita rasa pedas kini semakin diminati di seluruh dunia, bukan hanya untuk mengenyangkan, tetapi juga untuk menghadirkan pengalaman yang memicu semua indra. Kami ingin membantu produsen makanan Indonesia menghadirkan hidangan lokal dengan rasa baru," tandas Betty Juliana. FRI-08