Aroma Jeruk Purut


 

Tanaman jeruk purut terkenal mudah tumbuh di wilayah Indonesia. Tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, aroma khas daunnya pun telah dikenal akrab dalam berbagai hidangan, tidak hanya di tanah air tetapi juga di berbagai negara kawasan Asia Tenggara

Jeruk purut atau kaffir lime, merupakan salah satu keluarga sitrus yang dikenal mempunyainama latin Citrus hystrix. Di Thailand daun jeruk purut dikenal juga sebagai ìsom makrutî, sementara di Malaysia dikenal dengan nama ìsuwangi limauî atauîpurut limauî. Daun jeruk purut mempunyai aroma sitrusi buah yang menyegarkan namun juga kuat dengan aksen wangi seperti bunga sekaligus terpeni seperti rempah. karakterisitik flavor yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri sebagai perisa dengan karakter eksotis tropis yang tak lazim pada aroma sitrus umumnya.

Selengkapnya Prof C. Hanny Wijaya, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor akan memaparkan tentang aroma jeruk purut di FOODREVIEW INDONESIA Edisi Indonesian Flavors: Spicing Up The World, April 2017 di  www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...