Pengemasan Dengan Teknologi Isi Panas pada Produk Minuman


 

Teknologi isi panas dimulai dengan sterilisasi produk menggunakan ultra high temperature (UHT) atau high temperature short time (HTST) tergantung produk dan pH produk, kemudian kemasan botol dan tutup disterilisasi dengan desinfektan, dan selanjutnya pengisian produk pada suhu 75-920C tergantung jenis produk. Untuk produk dengan pH di bawah 4,5 biasanya suhu pengisian antara 75 sampai 850C. Tujuan pengisian panas adalah untuk mengeliminasi mikroorganisme yang bisa masuk dari udara sekitar mesin pengisian. Tetapi saat ini dengan semakin murahnya sistem air handling unit (AHU), beberapa perusahaan minuman dilakukan juga pencegahan dengan cara ruang pengisian dilengkapi dengan aliran udara yang telah melewati high efficiency particular air (HEPA) filter serta kondisi tekanan positif. Oleh karena itu, di lingkungan sekitar pengisian jumlah mikroba sudah terkendali.

 

Artikel selengkapnya baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Agustus 2017 "Beverages: Thirst Quenching Industry"

Artikel Lainnya

  • Sep 17, 2024

    Kopi Indonesia: Tantangan di Tengah Perubahan Iklim

    Kopi, sebagai minuman telah menjadi bagian dari budaya global, yang dapat ditemui di berbagai sudut dunia. Diperkirakan 5 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. ...

  • Sep 15, 2024

    PELUANG pengembangan Green Tea Powder & Matcha di Indonesia

    ​Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat, minat konsumen terhadap produk green tea powder (GTP) dan matcha tea powder (MTP) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berbagai potensi manfaat kesehatan GTP dan MTP menjadikan produk-produk ini semakin diminati konsumen. ...

  • Sep 13, 2024

    Finding the Natural Ingredient for Food Preservation

    Utilizing natural antioxidants in food preservation not only helps maintain flavor, color, and nutritional quality but also aligns with the consumer demand for clean-label and health- promoting ingredients onsumers are increasingly aware of what is printed on the food label.  ...

  • Sep 11, 2024

    potensi & Tantangan bioteknologi & alternatif kopi

    Kopi telah menjadi komoditas unggulan Indonesia dan berperan penting dalam perekonomian negara. Selain itu, kopi juga telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari maraknya kafe kopi dan berbagai kompetisi kopi yang digelar secara rutin. Akan tetapi, Kenaikan harga kopi yang signifikan telah menimbulkan tantangan baru bagi industri kopi. ...

  • Sep 05, 2024

    SNI Kopi Instan: Melindungi Konsumen & Menjamin Mutu Produk

    Kopi telah menjadi bagian dari budaya dan tak terpisahkan sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia. Perkembangan budaya kopi saat ini ditandai dengan beragamnya jenis kopi, sampai pada cara produksi, penyiapan dan konsumsi kopi, sehingga memungkinkan setiap individu untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang sesuai dengan selera dan gaya hidup mereka masing-masing. ...