Pengembangan Pertanian Nasional dengan Konsep Kemitraan


 

Pertumbuhan penduduk dunia yang diikuti dengan perkembangan gaya hidup memberikan peluang pagi Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan global yang diprediksi meningkat baik pada 2018. Menteri Perencaan Pembangunan Nasional RI, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa perdagangan dan pertanian merupakan dua dari enam sektor utama bagi pengembangan ekonomi nasional.

 

"Indonesia bisa berkaca pada Negara Chili di mana negara tersebut dapat bertransformasi dari negara berpendapatan sedang menjadi negara berpendapatan tinggi karena ekspor dari komoditas sayur dan buah," tutur Bambang dalam Jakarta Food Security Summit ke-4 yang diselenggarakan di Jakarta pada 8-9 Maret 2018 dengan mengusung tema Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan.

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan pertanian harus dilakukan dengan kemitraan, salah satunya dengan yaitu konsolidasi lahan yang bisa memperluas lahan sehingga dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi. Konsolidasi lahan juga memberikan kemudahan dalam mendapatkan dukungan, misalnya sertifikasi, permodalan dan lainnya. Fri-29

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...