Produk pangan terus berkembang dan dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya tingkat pendidikan, kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup. "Tren pangan di Asia Pasifik susah digeneralisasi karena karena terdiri atas banyak negara dengan jenis yang berbeda, yaitu negara maju, emerging dan negara berkembang. Hal ini berbeda dengan Eropa yang secara umum jenis negaranya lebih homogen," tutur Business Development & Marketing Intelligence Cargill, Andreas Kurniawan dalam Dairy Technical Seminar yang diselenggarakan oleh Cargill pada 26 April 2018 di Jakarta.
Ia menjelaskan beberapa tren yang sedang berkembang seperti demografic foods, yaitu pengembangan produk pangan disesuaikan dengan kondisi demografik konsumen. Di Jepang misalnya, muncul produk-produk yang diperuntukkan bagi generasi tua. Di samping itu, di beberapa negara maju juga telah dikenal produk pangan yang disesuaikan dengan usia konsumen, misalnya snack khusus untuk bayi.
Andreas menambahkan bahwa selain tren pangan yang sedang berkembang, terdapat juga tren yang diprediksi akan berkembang di masa mendatang, misalnya pada produk susu dan produk berbasis tanaman. Fri-29