Tren Pangan di Kawasan Asia Pasifik


 

Produk pangan terus berkembang dan dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya tingkat pendidikan, kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup. "Tren pangan di Asia Pasifik susah digeneralisasi karena karena terdiri atas banyak negara dengan jenis yang berbeda, yaitu negara maju, emerging dan negara berkembang. Hal ini berbeda dengan Eropa yang secara umum jenis negaranya lebih homogen," tutur Business Development & Marketing Intelligence Cargill, Andreas Kurniawan dalam Dairy Technical Seminar yang diselenggarakan oleh Cargill pada 26 April 2018 di Jakarta.

 

Ia menjelaskan beberapa tren yang sedang berkembang seperti demografic foods, yaitu pengembangan produk pangan disesuaikan dengan kondisi demografik konsumen. Di Jepang misalnya, muncul produk-produk yang diperuntukkan bagi generasi tua. Di samping itu, di beberapa negara maju juga telah dikenal produk pangan yang disesuaikan dengan usia konsumen, misalnya snack khusus untuk bayi.

Andreas menambahkan bahwa selain tren pangan yang sedang berkembang, terdapat juga tren yang diprediksi akan berkembang di masa mendatang, misalnya pada produk susu dan produk berbasis tanaman. Fri-29

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...