Tantangan Industri Pangan Menjawab Tren Konsumen


 

Mempertahankan suatu produk baru untuk bertahan di pasaran tidaklah mudah. Untuk itu, sebelum meluncurkan suatu produk baru, diperlukan riset pasar guna meminimalisir kegagalan suatu produk. Riset pasar dapat ditinjau dari beberapa hal salah satunya adalah tren konsumen. Tren konsumen saat ini mengalami beberapa perbedaan yang cukup signifikan seiring berkembangnya gaya hidup. Konsumen menginginkan hal-hal yang dapat memudahkan, membuat nyaman, dan juga memenuhi syarat-syarat organoleptik yang diinginkan. Selain membuat produk baru, sentuhan inovasi atau pembaharuan pada produk yang telah ada juga diperlukan agar dapat bersaing dengan produk lainnya. 

 

Beberapa tren produk pangan yang mencakup makanan dan minuman diantaranya adalah tren yang terkait dengan aspek kesehatan. Aspek kesehatan menjadi menjadi prioritas konsumen utamanya pada konsumen kelas menengah. Data kelas menengah di kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan hingga 110% dari tahun 2012 yang berjumlah 28% hingga 2020 yang diprediksi meningkat sampai pada 55%. Kesadaran akan kesehatan yang terjadi pada kalangan kelas menengah ini pada akhirnya memengaruhi tren produk pangan yang mereka konsumsi. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...