Mempertahankan suatu produk baru untuk bertahan di pasaran tidaklah mudah. Untuk itu, sebelum meluncurkan suatu produk baru, diperlukan riset pasar guna meminimalisir kegagalan suatu produk. Riset pasar dapat ditinjau dari beberapa hal salah satunya adalah tren konsumen. Tren konsumen saat ini mengalami beberapa perbedaan yang cukup signifikan seiring berkembangnya gaya hidup. Konsumen menginginkan hal-hal yang dapat memudahkan, membuat nyaman, dan juga memenuhi syarat-syarat organoleptik yang diinginkan. Selain membuat produk baru, sentuhan inovasi atau pembaharuan pada produk yang telah ada juga diperlukan agar dapat bersaing dengan produk lainnya.
Beberapa tren produk pangan yang mencakup makanan dan minuman diantaranya adalah tren yang terkait dengan aspek kesehatan. Aspek kesehatan menjadi menjadi prioritas konsumen utamanya pada konsumen kelas menengah. Data kelas menengah di kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan hingga 110% dari tahun 2012 yang berjumlah 28% hingga 2020 yang diprediksi meningkat sampai pada 55%. Kesadaran akan kesehatan yang terjadi pada kalangan kelas menengah ini pada akhirnya memengaruhi tren produk pangan yang mereka konsumsi.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters. Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039