Meningkatkan Nilai Produk Olahan Hasil Ternak


 

Untuk menghasilkan produk olahan hasil ternak yang dapat diterima oleh pasar dan memenuhi standar, maka nilai pangan dari produk tersebut harus mampu memenuhi kspektasi dan tuntutan konsumen. Konsumen  saat ini tidak sekadar  menuntut  adanya karakteristik  gizi yang  baik, tetapi  juga  adanya  fungsi-fungsi lain  yang  bisa  diperoleh  dari suatu produk pangan seperti 
fungsionalitas, terutama  yang berkaitan  dengan  kesehatan. 

 

Karakter  produk pangan  yang dapat menurunkan risiko diabetes, jantung koroner, kanker, memiliki efek terhadap kesehatan kulit, meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, dan sifat fungsionalitas yang lain merupakan  karakteristik lain yang dicari  konsumen. Karakteristik sensori juga merupakan faktor mutu yang sangat penting. Flavor dan kenampakan dari suatu produk biasanya akan menjadi penentu awal produk tersebut dapat diterima atau tidak. Produk yang menarik secara visual akan lebih dapat diterima dan memunculkan rasa ingin tahu untuk memilih produk tersebut.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi April 2019: Delivering Food Safety. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...