Untuk menghasilkan produk olahan hasil ternak yang dapat diterima oleh pasar dan memenuhi standar, maka nilai pangan dari produk tersebut harus mampu memenuhi kspektasi dan tuntutan konsumen. Konsumen saat ini tidak sekadar menuntut adanya karakteristik gizi yang baik, tetapi juga adanya fungsi-fungsi lain yang bisa diperoleh dari suatu produk pangan seperti
fungsionalitas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan.
Karakter produk pangan yang dapat menurunkan risiko diabetes, jantung koroner, kanker, memiliki efek terhadap kesehatan kulit, meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, dan sifat fungsionalitas yang lain merupakan karakteristik lain yang dicari konsumen. Karakteristik sensori juga merupakan faktor mutu yang sangat penting. Flavor dan kenampakan dari suatu produk biasanya akan menjadi penentu awal produk tersebut dapat diterima atau tidak. Produk yang menarik secara visual akan lebih dapat diterima dan memunculkan rasa ingin tahu untuk memilih produk tersebut.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi April 2019: Delivering Food Safety. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039