Peran Penting Pengembangan Produk Pangan



Konsumen saat ini bersikap sangat dinamis dengan perubahan yang ada. Preferensi terhadap produk pangan pun turut berubah-ubah sesuai dengan apa yang menjadi tren saat ini. Dengan demikian, produsen pangan tentu perlu menyesuaikan dengan pasar baru ini, salah satunya adalah terus melakukan inovasi atau pengembangan terhadap produk pangan yang ada. 

Dalam pengembangan produk pangan, ada beberapa ruang lingkup yang dapat diterapkan yakni: (1) clasically innovatif products, yaitu mengembangkan produk/kemasan dengan kategori yang sama sekali baru, (2) equity transfer products, yaitu mengembangkan produk dengan lisensi brand, (3) line extension, yaitu mengembangkan produk dengan variasi rasa baru, kemasan ukuran baru, dsb, (4) clone or competitive entry products, yaitu mengembangkan produk dengan cara “imitating” produk yang sudah ada.

“Pekerjaan pengembangan produk ini adalah pekerjaan yang terus menerus, karena tidak berhenti hanya karena sudah mengembangkan satu produk saja, tetapi juga harus terus dipantau bagaimana produk baru tersebut diterima di pasaran dan juga dilakukan evaluasi yang terus-menerus,” kata Guru Besar IPB Prof. Dr. Dede R. Adawiyah dalam Seminar Analisis Sensori - Advanced Sensory Analysis for Food Innovation yang diselenggarakan oleh Universitas Bakrie secara daring, 27 Juli 2022. Acara digelar dalam rangka perayaan 10 tahun Teknologi Pangan Universitas Bakrie. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...