Preferensi Kesukaan Konsumen pada Rasa Pedas & Snacking



Konsumen Indonesia memiliki ikatan yang unik dengan rasa pedas. Hampir di setiap wilayah di Indonesia mempunyai rasa pedasnya masing-masing. Hal ini lah yang kemudian memunculkan serta membangkitkan kesukaan rasa pedas di hampir banyak produk pangan. Temuan McCormick berdasar pada data Mintel menunjukkan bahwa peluncuran produk baru dengan klaim kandungan rasa pedas di tahun 2017-2021 paling banyak dirilis di wilayah Asia Pasifik, disusul dengan Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Timur Tengah serta Afrika.

Di Asia, kategori teratas untuk produk dengan cita rasa pedas biasanya adalah snack savoury, saus dan bumbu, serta produk pangan siap saji. Tidak hanya terkait rasa pedas, peningkatan yang cukup tinggi juga terlihat pada kegiatan mengudap (menyemil, snacking). Hal ini tidak lain juga dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 yang hampir dua tahun terakhir terjadi. Survei daring yang dilakukan oleh McCormick (Maret 2022) menunjukkan bahwa 65% responden memiliki kebiasaan snacking yang cukup tinggi selama masa pandemi.

Untuk kategori produk yang biasa dikonsumsi, didominasi oleh tiga besar produk yakni savoury snacks (87%), cokelat (86%), dan snack-snack yang lebih menyehatkan (79%). Jika dilihat dari kedua hal yang telah dikemukakan di atas, maka dapat diketahui bahwa kesukaan konsumen pada rasa pedas dan kebiasaan snacking dengan jenis savoury snack sangatlah berkaitan. Hal ini dibuktikan dengan hasil McCormick yang menunjukkan bahwa cita rasa hot & spicy menempati urutan kedua pada cita rasa yang diharapkan oleh konsumen ada pada produk-produk savoury snacks. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...