Minuman Teh Hijau 1x Proses Penyeduhan




Popularitas teh hijau di Indonesia sampai saat ini tampaknya masih cukup tinggi, hal ini terbukti dari banyaknya produk makanan dan minuman, bahkan kosmetik yang bermunculan dengan komposisi yang terbuat dari teh hijau. Dengan mengonsumsi teh hijau dipercaya dapat memberikan banyak manfaat, dari sekian banyak manfaat salah satu yang populer yaitu, sebagai antioksidan. Selain itu, saat ini dikalangan masyarakat mengonsumsi teh hijau dijadikan sebagai salah satu bagian dari gaya hidup sehat.

 

Berkaitan dengan tren gaya hidup sehat tersebut, PT Indofood Asahi Sukses Beverage yang merupakan perusahaan joint venture antara PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dengan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte meluncurkan Ichi Ocha. Adalah produk minuman ready to drink yang terbuat dari teh hijau dan diproduksi sesuai dengan standar mutu dan keamanan pangan, yang telah diatur oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan, serta Badan Internasional seperti Codex Alimentarius dan sudah mendapatkan sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia. 

 

 “Untuk mendukung gaya hidup sehat masyarakat, kami berkomitmen untuk menghasilkan produk dengan kualitas nomor satu, sesuai dengan stempel “Ichiban” pada kemasan itu sendiri yang berarti nomor satu,”kata Anastasia Sutadji Direktur PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

 

Menariknya, produk Ichi Ocha ini diklaim diproduksi dengan satu kali proses penyeduhan, menjadikan produk ini terlihat lebih unggul dibandingkan dengan produk sejenis lainnya, “Kami menggunakan daun teh hijau yang kami pilih dari berbagai daerah di Jepang dengan kualitas terbaik. Selain itu, Ichi Ocha di produksi dengan satu kali proses penyeduhan, atau daun teh hijau hanya digunakan dan di ekstrak satu kali saja. Sehingga, aroma asli daun teh hijau masih terasa dan manfaat yang ada pada daun teh tersebut lebih banyak,”jelas Yoshimi Miyano Direktur PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

 

Menurut Anastasia, hal lain yang melatar belakangi produk ini diluncurkan yaitu, dengan melihat pasar minuman nonalkohol yang menjanjikan, yang dilihat dari data penjualan pada tahun 2012 yang mencapai 40 triliun dan diperkirakan akan terus berkembang. Selain itu, minuman kemasan ready to drink merupakan segmen kedua terbesar setelah minuman air mineral. Walaupun banyak minuman ready to drink berupa minuman teh hijau, Ichi Ocha tetap percaya diri dengan dua keunggulan yang dimiliki.
Pada peluncuran produk tersebut hadir pula Emilia E. Achmadi, MS Nutrition & Food Expert Disease Prevention & Sport Nutrition yang memaparkan keunggulan teh hijau. “Diantara semua jenis teh, teh hijau yang memiliki jumlah katekin yang tinggi, katekin tersebut berguna sebagai super antioksidan yang baik jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. sehingga memiliki kemampuan untuk mencegah, penyumbatan pembuluh darah, penuan dini fungsi syaraf, dan meningkatkan metabolisme tubuh,”jelas Emilia.

 


Karakteristik dari teh hijau yang tidak melalui proses fermentasi dan oksidasi ini membuat teh hijau ini diharapkan tidak mendapat banyak penyerapan oksigen dan tidak di simpan pada tempat dengan temperatur tinggi, agar tidak merusak kandungan katekin didalamnya, “Dengan cara satu kali proses penyeduhan merupakan bentuk dari pencegahan kandungan katekin tersebut hilang. Jika teh hijau sudah diseduh satu kali, kemudian diseduh kembali, aroma, rasa, dan kandungan katekin tersebut akan hilang. Jadi, orang yang mengonsumsi seduhan kedua tidak akan mendapatkan manfaat,”kata Emilia.

 

“Untuk minuman ready to drink teh hijau ini sendiri, sebaiknya botol yang sudah dibuka untuk segera diminum dan jangan disimpan terlalu lama, agar tidak terjadi exposure oksigen didalamnya yang mengakibatkan kandungan katekin tersebut dapat berkurang,”tambah Emilia. Emilia menganjurkan, untuk mengonsumsi teh hijau yang baik adalah 2-3 kali sehari. Riska

Artikel Lainnya

  • Sep 17, 2024

    Kopi Indonesia: Tantangan di Tengah Perubahan Iklim

    Kopi, sebagai minuman telah menjadi bagian dari budaya global, yang dapat ditemui di berbagai sudut dunia. Diperkirakan 5 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. ...

  • Sep 15, 2024

    PELUANG pengembangan Green Tea Powder & Matcha di Indonesia

    ​Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat, minat konsumen terhadap produk green tea powder (GTP) dan matcha tea powder (MTP) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berbagai potensi manfaat kesehatan GTP dan MTP menjadikan produk-produk ini semakin diminati konsumen. ...

  • Sep 13, 2024

    Finding the Natural Ingredient for Food Preservation

    Utilizing natural antioxidants in food preservation not only helps maintain flavor, color, and nutritional quality but also aligns with the consumer demand for clean-label and health- promoting ingredients onsumers are increasingly aware of what is printed on the food label.  ...

  • Sep 11, 2024

    potensi & Tantangan bioteknologi & alternatif kopi

    Kopi telah menjadi komoditas unggulan Indonesia dan berperan penting dalam perekonomian negara. Selain itu, kopi juga telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari maraknya kafe kopi dan berbagai kompetisi kopi yang digelar secara rutin. Akan tetapi, Kenaikan harga kopi yang signifikan telah menimbulkan tantangan baru bagi industri kopi. ...

  • Sep 05, 2024

    SNI Kopi Instan: Melindungi Konsumen & Menjamin Mutu Produk

    Kopi telah menjadi bagian dari budaya dan tak terpisahkan sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia. Perkembangan budaya kopi saat ini ditandai dengan beragamnya jenis kopi, sampai pada cara produksi, penyiapan dan konsumsi kopi, sehingga memungkinkan setiap individu untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang sesuai dengan selera dan gaya hidup mereka masing-masing. ...