Susu atau Minuman Rasa Susu?


Minuman berbasis susu adalah minuman yang bahan utamanya sebagian besar menggunakan susu. Bisa saja istilah tersebut dipahami secara berbeda dengan menganggap semua minuman yang mengandung susu adalah minuman berbasis susu, meskipun kandungan susu di dalamnya tidak besar. Di dalam kategori pangan Badan POM disebutkan bahwa minuman yang mengandung susu tidak lebih dari 5 persen dihitung sebagai susu segar termasuk dalam kelompok minuman ringan tidak beralkohol. Produknya dinamakan minuman rasa susu.

 

Pada dasarnya minuman berbasis susu adalah semua minuman susu, baik tawar maupun berperisa, yang bahan baku utamanya susu (skim, rendah lemak,atau lemak penuh). Bahan baku susunya bisa berasal dari susu segar, susu rekonstitusi, susu rekombinasi, atau susu fermentasi. Berbagai macam  rasa dikembangkan untuk membuat variasi susu agar tidak membosankan bagi konsumen.

 

            Munculnya kebutuhan konsumen untuk memperoleh minuman yang memberi manfaat bagi kesehatan dan kebugaran terus memicu industri untuk mengembangkan produk produknya yang sesuai. Minuman ringan, salah satunya, dapat memberi kesegaran baru dan menghilangkan rasa haus konsumen. Zat-zat gizi yang memang telah dikandung di dalamnya dapat dikombinasi dengan bahan yang berasal dari produk-produk susu untuk menambah manfaatnya.

 

Oleh Ir. Pratomodjati, MP

Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah FOODREVIEW INDONESIA edisi  April 2014, yang dapat diunduh di www.foodreview.co.id

 

Artikel Lainnya

  • Sep 17, 2024

    Kopi Indonesia: Tantangan di Tengah Perubahan Iklim

    Kopi, sebagai minuman telah menjadi bagian dari budaya global, yang dapat ditemui di berbagai sudut dunia. Diperkirakan 5 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. ...

  • Sep 15, 2024

    PELUANG pengembangan Green Tea Powder & Matcha di Indonesia

    ​Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat, minat konsumen terhadap produk green tea powder (GTP) dan matcha tea powder (MTP) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berbagai potensi manfaat kesehatan GTP dan MTP menjadikan produk-produk ini semakin diminati konsumen. ...

  • Sep 13, 2024

    Finding the Natural Ingredient for Food Preservation

    Utilizing natural antioxidants in food preservation not only helps maintain flavor, color, and nutritional quality but also aligns with the consumer demand for clean-label and health- promoting ingredients onsumers are increasingly aware of what is printed on the food label.  ...

  • Sep 11, 2024

    potensi & Tantangan bioteknologi & alternatif kopi

    Kopi telah menjadi komoditas unggulan Indonesia dan berperan penting dalam perekonomian negara. Selain itu, kopi juga telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari maraknya kafe kopi dan berbagai kompetisi kopi yang digelar secara rutin. Akan tetapi, Kenaikan harga kopi yang signifikan telah menimbulkan tantangan baru bagi industri kopi. ...

  • Sep 05, 2024

    SNI Kopi Instan: Melindungi Konsumen & Menjamin Mutu Produk

    Kopi telah menjadi bagian dari budaya dan tak terpisahkan sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia. Perkembangan budaya kopi saat ini ditandai dengan beragamnya jenis kopi, sampai pada cara produksi, penyiapan dan konsumsi kopi, sehingga memungkinkan setiap individu untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang sesuai dengan selera dan gaya hidup mereka masing-masing. ...