Walau konsumsi susu di Indonesia masih tergolong rendah, ditambah lagi daya beli masyarakat yang menurun, namun produsen susu nasional masih optimis dengan perkembangan ke depannya. Berbagai program pun diluncurkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya susu
Seperti halnya industri lainnya, penurunan daya beli masyarakat menyebabkan pertumbuhan industri susu agak terhambat pada kuartal I. Hal tersebut diungkapkan oleh Head of Corporate Affairs Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, beberapa waktu lalu. “Apalagi susu masih belum menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia,” kata Andrew.
Saat ini konsumsi susu nasional masih berkisar 12 hingga 13 liter per kapita per tahun. “Angka tersebut masih rendah bila dibandingkan negara tetangga,” ungkap Andrew. Oleh sebab itu, diperlukan sinergi usaha antar berbagai pihak terkait untuk meningkatkan konsumsi susu Indonesia. Kondisi ini sekaligus menjadi peluang bagi industri dalam mengembangkan pasarnya.
Oleh: Fri-09
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah FOODREVIEW INDONESIA edisi Juni 2015, yang dapat diunduh di www.foodreview.co.id