Perkembangan Industri Minuman Ringan Indonesia Ke Depan


 

Pelaku industri minuman dituntut mengikuti perkembangan preferensi konsumen Indonesia terhadap tren, baik tren gaya hidup maupun kesukaan terhadap cita rasa tertentu. Gaya hidup yang konsen terhadap minuman menyehatkan umumnya tumbuh lebih besar di wilayah perkotaan, sehingga konsumsi minuman jenis rendah gula pun didominasi oleh masyarakat kota. Ke depannya diperkirakan, masih akan banyak berkembang produk-produk minuman dengan label yang menyehatkan.

 

Ketua Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM), Triyono Prijosoesilo  menuturkan bahwa inovasi di industri minuman berkembang cepat sehingga menghasilkan variasi produk yang tinggi. ìIklim kompetisi industri minuman di Indonesia cukup tinggi. Hal ini bisa terlihat bahwa jarang ada produsen yang bisa dominan di semua kategori minuman. Biasanya setiap jenis atau kategori minuman terdapat pemain besarnya masing-masing,î ungkapnya. Hal tersebut berbeda dengan yang terjadi di luar negeri di mana satu produsen dapat mendominasi beberapa kategori minuman sekaligus, sehingga konsumen Indonesia dimanjakan dengan banyaknya variasi produk yang beredar dengan harga yang kompetitif. 

Artikel selengkapnya baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Agustus 2017 "Beverages: Thirst Quenching Industry"

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...